Rabu, 17 Agustus 2016

Pesan Tersembunyi Dibalik Berita Archandra Tahar

 
Dan sesungguhnya kamu telah mengetahui penciptaan yang pertama, maka mengapakah kamu tidak mengambil pelajaran?(QS. 56: 2)

Apa yang terjadi pada Archandra Tahar dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua.

Baru 20 hari Archandra menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber  Daya Mineral (ESDM) Presiden Joko Widodo sudah memberhentikannya dari  jabatannya tersebut.  Padahal untuk bisa menjadi Menteri ESDM, Archandra rela meninggalkan pekerjaannya di Amerika. Setelah penulis telusuri, ternyata gaji Archandra di Amerika jauh lebih besar daripada gajinya sebagai menteri ESDM di Indonesia. Disini kita bisa menyadari bahwa dalam diri seorang Archandra Tahar terdapat jiwa nasionalisme.

Menurut salah satu media elektronik, Penyebab pemberhentian Archandra dikarenakan Archandra memiliki dua kewarganegaraan yaitu warga Negara Indonesia dan warga Negara Amerika.

Ingatlah, jangan gampang membenarkan informasi maupun berita yang kebenarannya masih diragukan.

Allah berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.(QS. 49: 6)

Pengertian orang fasik yang terdapat pada surah 49 ayat 6 tersebut adalah orang yang tidak taat kepada Allah subhanahu wa ta'la dan Rasul-Nya. Jadi periksalah berita yang diberitakan oleh orang fasik dengan sungguh-sungguh.

Menurut Syaikh Abu Bakar Al-Jazairi bahwa haram hukumnya mengikuti dan menghukumi dengan kabar sepihak dan kabar praduga (tidak jelas) atas sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar